Mengapa Open Source?

Dalam  Bahasa Inggris, arti kata Open Source adalah sumber yang terbuka. Di dalam istilah komputerisasi, makna dan istilah “Sumber Terbuka” dipergunakan untuk penggunaan-penggunaan aplikasi yang bebas untuk didistribusikan (free).

Artinya aplikasi tersebut dapan digunakan tanpa membayar seperser-pun kepada pihak pembuat/pencipta aplikasi tersebut, hanya saja ada timbal balik dari si pencipta aplikasi tersebut. Timbal balik seperti melakukan modifikasi pada bagian source code, tampilan, gambar, atau isi dari aplikasi tersebut. Dan biasanya, setelah kita melakukan modifikasi, si pembuat aplikasi meminta kita untuk mempublikasikan kembali kepada masyarakat luas untuk dipergunakan kembali.

Adapun keuntungan dari aplikasi Open Source adalah :

1. Aplikasi sumber terbuka lebih meminimalisir penyebaran virus lewat internet.Hal ini disebabkan karena source code dari aplikasi sumber terbuka dapat dibaca oleh siapa saja dan untuk melakukan perubahannya, si pencipta aplikasi telah menggunakan semacam rule code yang tertanam dalam aplikasi tersebut. Sehingga bila kita ingin menyertakan source code virus, maka aplikasi tersebut tidak dapat berjalan pada mulanya, dan umumnya akan terjadi error page pada halaman yang termodifikasi dengan badan virus.

2. Dengan sifatnya bebas bayar/free, pengguna dapat menekankan biaya-biaya lain atas pemakaian/penciptaan dari sebuh aplikasi.

3.  Inovasi. Aplikasi open source akan terus berkembang sepanjang waktu karena banyak yang menggunakan dan melakukan perubahan pada aplikasi tersebut dengan berbagai fitur yang diperbaharui agar selalu memenuhi kebutuhan.

3. Kebebasan. Open source menjamin kebebasan untuk mengubah aplikasi sesuai kebutuhan kita tanpa harus bergantung pada vendor tertentu. Kita berhak menambah fitur, menghapus fitur, atau merubah fitur yang ada dalam aplikasi open source sesuai kebutuhan kita tanpa harus memikirkan hak cipta, hak paten.

4. Pengembangan pengetahuan. Dunia open source jelas mendukung penuh pengembangan ilmu. Salah satu sifat dasar teknologi open source adalah berbagi. Walaupun dalam kenyataannya yang disebarkan adalah aplikasi atau kode program, pada dasarnya tetap pengetahuan para pengembang aplikasi tersebut yang tersebar. Pengetahuan yang disebarkan itu kemudian dikembangkan. Hasil perkembangannya kemudian disebarkan kembali. Siklus tersebut terjadi berulang-ulang sampai akhirnya semua pihak merasakan dampak yang sama dari perkembangan pengetahuan tersebut.

5. Mudah dalam memperoleh informasi, jika dapat kesulitan bisa bertanya di komunitas.

6. Multi Platform

 

Open source bukanlah sesuatu yang sempurna, masih ada beberapa kekurangan dari aplikasi yang berbasis “free” ini, yaitu :

1.  Support Berbayar dan Langka
Satu keyakinan bahwa software tidak akan ada masalah adalah keliru, dan ini adalah sebuah bencana jika kita sudah memakai program opensource untuk semua infrastruktur yang besar, dan ketika itu menemukan hole atau bug yang tidak ada yang paham. Maka langkah yang mungkin ditempuh adalah : searching problem solving di forum-forum, tanya sana sini. Jika tidak ketemu juga, kita bisa-bisa harus menganggarkan dana yang tidak sedikit untuk mendatangkan jasa konsultan dari pakar opensource tersebut.
2.  Versi Betha, Stabil dan unstabil.
Open source sangat erat kaitannya dengan versi dan kestabilan kualitas softwarenya, ini merupakan celah besar yang ditinggalkan baik disengaja atau tidak disengaja. Kepastian stabil dan tidak stabil kadang menjadi keraguan pilihan para petinggi IT untuk memilih software opensource. Bayangkan saja, versi software yang terinstall di server anda statusnya masih unstable, bisa dibayangkan bisa terjadi apa-apa. Dan patch-nya harus menunggu orang yang sukarela membetulkan masalah yang terjadi itu.

3. Kerja Komunitas bukan profesional.
Beberapa software dikembangkan oleh sebuah komunitas yang mempunyai tujuan khusus, jaminan dan kepercayaan kualitas produk hasil perlu dicompare dengan produk komersil yang jauh lebih mumpuni dari segala sisi.

 

Sumber :

http://pohsampeng.wordpress.com/2010/07/13/pengertian-dan-manfaat-open-source/

http://alfanaini.blogspot.com/2011/03/3-alasan-mendukung-open-source.html

http://rijaljuarez.blogspot.com/2010/05/kekurangan-dan-kelebihan-open-source.html

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment